Menumbuhkan Sikap Saling Percaya (Atasan – Bawahan)

S

sumber : officevibe.com

Dalam setiap pekerjaan memang harus ada rasa saling percaya antar individu dalam tim/divisi tersebut. Percaya bukan hanya terhadap sesama rekan kerja (staff) saja, namun juga harus ada rasa saling percaya antara atasan dengan bawahan agar tujuan dari tim tsb dapat terealisasi. Dan seorang atasan juga harus dapat menjadi Role Model bagi bawahannya. Agar terjalin rasa saling percaya yang tinggi, seorang pemimpin harus bisa memposisikan diri di sekeliling bawahannya. Bagaimana seorang pemimpin dapat men-touch bawahannya, mengayomi, dan menjadi tempat untuk diskusi baik secara profesional pekerjaan atau hal lain. Lebih tepatnya adalah “how to be a good leader, not boss”.

Dari intro yang gue buat diatas, disini gue tertarik untuk membahas tentang sikap saling percaya antara atasan dengan bawahan. Terkadang yang gue liat itu adalah seorang atasan yang kurang percaya gitu sama bawahannya. Maksud gue adalah, atasan yang suka nyuruh bawahan yang lain untuk review kerjaan rekan yang lain. Kan kaya begini jadi buang waktu, kalo emang ga percaya gausah ngasih kerjaan sama orang tsb (simple kan).

Jadi seorang pemimpin emang engga mudah, tapi ketika udah nemu cara ngebuat bawahan nyaman dalam bekerja itu udah perfect banget (sudut pandang gue). Kenapa??? Karena menurut gue, ketika bawahan udah merasa nyaman dengan atasan, seorang atasan engga akan sulit dalam mengarahkan, membimbing, dan membina. Tanpa sadar, seorang bawahan akan respect ke atasan. Lain halnya, ketika seorang atasan engga bisa buat nyaman bawahannya. jangankan mengarahkan, membimbing dan membina, atasan minta tolong aja, kita (bawahan) kadang suka ngedumel.

UntitledASFF

sumber : officevibe.com

 

Dari kutipan gambar diatas, kita bisa menyimpulkan. Bahwa ketika kekuatan “Kepercayaan” itu ada, kinerja dalam bekerja pun akan tercipta dan menjadi kuat. Pondasi yang kuat dalam tim adalah ketika setiap individu merasa nyaman antara satu sama lain, juga (atasan – bawahan)  dalam menjalankan proses kerja.

“Karena yang utama itu adalah kenyamanan” – Tian

Advertisements
By septiiaann Posted in Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s